Rabu, 25 Desember 2013

Pengertian Mikroprosesor

Terdapat tiga pengertian yang harus dibedakan yaitu :
  • Mikroprosesor
  • Mikrokomputer
  • Mikrokontroler
Mikroprosesor
Pengertian mikroprosesor Suatu pengelola data yang berukuran kecil. 
Mikroprosesor Merupakan suatu chip (IC=Integrated Circuits) yang di dalamnya terkandung rangkaian ALU (Arithmetic-Logic Unit), rangkaian CU (Control Unit) dan register-register. Mikroprosesor disebut juga dengan CPU (Central Processing Unit).
ALU: menyediakan fungsi pengolahan.
CU: mengontrol fungsi prosesor.
Register: tempat penyimpanan sementara dalam mikroprosesor.
Chip CPU
Contoh Chip Mikroprosesor


Mikrokomputer
Mikrokomputer adalah interkoneksi antara mikroprosesor (CPU) dengan memori utama (main memory) dan antarmuka input-output (I/O interface) yang dilakukan dengan menggunakan sistim interkoneksi bus.

Sistim Mikrokomputer
 
Sistim Interkoneksi Bus Pada Mikroprosesor


Bus alamat: kumpulan konduktor yang membawa kode-kode alamat dari mikroprosesor ke unit-unitnya, dan memiliki sifat aliran satu arah.
Bus data: kumpulan konduktor yang membawa kode-kode instruksi atau data dari mikroprosesor ke unit-unitnya atau sebaliknya, dan memiliki sifat aliran dua arah.
Bus kontrol: kumpulan konduktor yang membawa sinyal-sinyal kontrol.
Main Memory

ROM: Read Only Memory (memory yang hanya bisa dibaca).
RAM: Random Access Memory (memory yang dapat dibaca dan ditulisi).
I/O Interface & Peripheral
I/O Interface: bagian/unit dari sistim mikrokomputer yang berfungsi sebagai perantara hubungan antara sistim mikrokomputer dengan “dunia luar” (peripheral).
Peripheral: peralatan- peralatan di luar sistim mikrokomputer yang dapat berhubungan dengan sistim mikrokomputer, antara lain monitor (output), printer (output), keyboard (input), mouse (input).


Mikrokontroler

Mikrokontroler adalah chip yang di dalamnya terkandung sistim interkoneksi antara mikroprosesor, RAM, ROM, I/O interface dan beberapa peripheral. Mikrokontroler disebut juga On-chip-Peripheral

Tidak ada komentar:

Posting Komentar